Monday, March 20, 2017

Soal Uji Coba UN 2017 SMA

Kali ini saya mau berbagi soal latihan Ujian Nasional 2017 yang bersumber dari Pra UN yang diselesnggarakan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan Dinas Pendidikan Tangerang Selatan bekerja sama dengan STMIK Jakarta STI & K. Pra UN ini bisa juga disebutkalo dahulu Uji Coba UN (UCUN).
Pernah saya sampaikan pada pos sebelumnya bahwa untuk mempersiapkan UN ada banyak yang bisa dilakukan diantaranya memahami kisi-kisi, berlatih dengan contoh soal yang sesuai dengan kisi-kisi, melakukan tes uji coba dengan soal yang standar dengan pembatasan waktu seperti saat UN, dan masih banyak lagi. 

Memahami Kisi-kisi
          Memahami kisi-kisi maksudnya seperti bedah kisi-kisi. Masalahnya model kisi-kisi UN mulai tahun 2016 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada sebelum tahun 2016, kisi-kisinya mudah dipahami sehingga bentuk soal yang akan muncul bisa ditebak, berbeda dengan model tahun 2016 dan setelahnya. Untuk mengatasinya adalah dengan melihat model soal yang muncul pada tryout UN yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan. Tentukan orang yang menyusun soal tryout atau soal uji coba UN yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan tidak sembarang orang. Biasanya mereka dipilih dari guru yang sudah mengikuti kegiatan semacam diklat yang berisikan bedah kisi-kisi sehingga sehingga yang dihasilkan cukup prediktif, ini menurut pengalamn saya. Tetapi juga jangan terlalu berlebihan sehingga seolah-olah soal uji coba tersebut adalah bocoran. Tetep belajar juga soal lainnya dari berbagai sumber.

          Ada perbedaan dalam hal cakupan materi yang ada pada kisi-kisi tahun 2017 dibanding tahun sebelum, kususnya untuk mata pelajaran matematika jurusan IPA. Beberapa bab dan sub bab dihilangkan, setelah pada tahun 2016 vektor hilang. Pada menurut saya pribadi, bab/sub bab tersebut adalah ciri khasnya jurusan IPA sehingga mestinya dipertahankan, tapi sekali lagi ini menurut saya pribadi.

          Okay sudah kepanjangan kayaknya nih, berikut daftar soal yang bisa diunduh tinggal klik aja. Soal mencakup semua mapel yang di UN kan untuk jurusan IPA dan IPS SMA, termasuk didalamnya adalah mapel yang menjadi pilihan yang akan diujikan pada hari ke-4. Saran saya tetep unduh semua dan plajari semua walopun, misalnya, pada hari ke-4 memilih mapel Fisika, mapel lain yang tidak dipilih seperti Kimia dan Biologi tetap diplajari untuk persiapan SBMPTN.

Jurusan IPA
5.     Biologi IPA A17
6.     Biologi IPA B18
7.     Fisika IPA A11
8.     Fisika IPA B12
9.     Kimia IPA A15


Jurusan IPS
4.     Ekonomi IPS A21
5.     Ekonomi IPS B22
6.     Geografi IPS A27
7.     Geografi IPS B28
8.     Matematika IPS A23
9.     Matematika IPS B24

Moga-moga itu bermanfaat dan bagi yang mo UN moga sukses, bagi guru juga moga-moga sukses membimbing siswanya. Mudah-mudahan saya sempat membuat pembahasannya dalam bentuk video sebelum April, doa in ya....

Akhirnya jadi juga sebagian pembahasan yang matematikanya, mudahan bisa segera selesai semua pembahasan yang matematika, mohon doa nya ya. Silahkan dinikmati semoga bermanfaat.

Pembahasan Matematika Jurusan IPA Paket B14:
No 1 - 3
No 4 - 7
No 8 - 10
No 11 - 14
No 15 - 17
No 18 - 20
No 21 - 23
No 24 - 31
No 32 - 35

Sisanya yang belum semoga segera ya, nantikan.


3 comments: