Thursday, June 2, 2016

Soal OSN Matematika

OSN atau Olimpiade Sains Nasional merupakan ajang kompetisi bergengsi bagi siswa SD, SMP, dan SMA dalam bidang sains. Bidang sains yang dilombakan berbeda-beda untuk setiap jenjangnya. Berikut rinciannya:
SD: Matematika dan IPA
SMP: Beberapa  kali mengalami perubahan, sekarang hanya meliputi tiga bidang saja yaitu Matematika, IPA, dan IPS. Sebelumnya pernah muncul Astronomi, IPA dipecah menjadi Fisika dan Biologi.
SMA: Matematika, Fisika, Kimia,  Biologi, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.
OSN mulai diselesnggarakan mulai tahun 2002 setelah sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Fisika Internasional (IPhO, International Physics Olympiad) di Bali. Peserta OSN adalah siswa berprestasi hasil seleksi mulai dari tingkat Kabupaten/Kota dan Propinsi.
Materi yang diujikan dalam kompetisi ini banyak yang berbeda dengan materi sekolah, oleh karena itu bagi yang berminat mengikuti kompetisi ini harus mempersiapkan diri dengan lebih keras. Salah satunya adalah dengan mengenali cakupan materi yang akan diujikan dengan mempelajari SILABUSnya. Selain itu model soal yang muncul juga berbeda dengan yang biasa ada di sekolah, maka melatih diri mengerjakan soal-soal yang pernah muncul pada tahun-tahun sebelumnya adalah hal yang perlu dilakukan. Untuk silabus, silahkan bisa di unduh ada link berikut:

Silabus OSN 2016 SMP

Untuk bahan latihan tentunya dengan mengerjakan soal-soal yang sudah pernah muncul pada tahun-tahun sebelumnya. Seleksi dimulai dari tingkat kabupaten/kota untuk memilih calon peserta yang akan tampil pada seleksi di tingkat provinsi. Setelah lolos di tingkat provinsi selanjutnya maju ke tingkat nasional. Di tingkat nasional akan dipilih siswa yang terbaik yang akan dibina untuk mejadi tim yang akan mewakili olimpiade tingkat internasional. Untuk matematika disebut IMO (International Mathematical Olympiad).
Berikut ini saya bagi soal-soal OSN Matematika dari berbagai tingkatan:

OSN Matematika SMA tingkat provinsi
2004
2005
2006 (bagian pertama)
2006 (bagian kedua)
2007
2008
2009
2010
2011
2012
2013
2014
2015

Maaf, belum lengkap...

1 comment: