Saturday, December 31, 2016

Kisi-kisi UN 2017

            UN 2017 sudah pasti diadakan, tidak ada lagi keraguan bahkan kisi-kisi pun sudah ditetapkan. Ayo segera lakukan persiapan. Beberapa perubahan  muncul pada UN 2017. Diantaranya jumlah mata pelajaran yang diujika hanya 4, perubahan Ujian Sekolah menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), pelaksanaan diarahkan menggunakan sistem berbasis komputer, jadwal UN SMA dan SMK yang tidak berbarengan, UN SMP dilaksanakan dalam dua gelombang agar sebanyak mungkin siswa yang mengikuti UN dengan sistem berbasis komputer.
            UN memang tidak menentukan kelulusan tetapi  tetap penting untuk mendapatkan hasil UN semaksimal mungkin karena masih ada fungsi UN lain yang tidak bisa diabaikan yaitu diantaranya sebagai bahan seleksi dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi dan untuk pemetaan sekolah. Khusus SMK tentunya barang lampiran dalam lamaran pekerjaan bagi yang tidak ingin melanjutkan kuliah. Kebayang dong akibatnya kalo hasil UN seadanya. Tidak hanya siswa  tapi sekolah juga kebagian getahnya kalo hasil UN mu jelek.
            Soal UN bila dibandingkan dengan SBMPTN memang relatif lebih mudah ditambah lagi untuk belajar disediakan kisi-kisi materi  yang akan diujikan. Dari segi waktu untuk mengerjakan soal juga UN lebih longgar dibanding SBMPTN yang hanya satu menit lebih dikit per soalnya. Hal ini karena fungsi UN berbeda dengan SBMPTN, antara evaluasi dan seleksi. Tetapi walaupun mudah, tidak boleh dianggap sepele. Sudah saya jelaskan ya akibatnya kalo hasil UN seadane. Apalagi UN seumur hidup sekali untuk setiap jenjangnya masak hasilnya seadane, ini akan tercatat dalam sejarah hidup lho....
            Apa aja sih yang harus dipersiapkan agar hasil UN bisa maksimal?  Berikut sedikit saran dari yang akan saya bagikan.

Pelajari Kisi-kisi
            Didalam kisi-kisi termuat materi yang akan diujikan sehinggga bisa belajar lebih spesifik hanya yang sesuai dengan yang akan diujikan. Untuk memudahkan dalam memahami kisi-kisi, bisa dengan melihat kisi-kisi tahun sebelumnya dan soal yang muncul seperti apa. Apalagi model kisi-kisi tahun 2017 serupa dengan model tahun 2016. Biasanya juga kisi-kisi dari tahun ke tahun tidak banyak perubahan. Biasanya juga ada agenda bedah kisi-kisi yang diikuti oleh guru, nah kamu bisa minta tuh hasilnya atau materinya. Disitu biasanya terdapat contoh soal yang sesuai untuk setiap kisi-kisinya. Selain itu bisa juga dengan mengamati antara kisi-kisi dengan soal yang muncul dalam Uji Coba UN yang diselenggarakan oleh Kabupaten atau Kota. Karena pada even itu yang membuat soal biasanya adalah guru-guru yang telah mengikuti bedah kisi-kisi.

Pelajari Soal-soal UN Tahun-tahun Sebelumnya
            Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kisi-kisi dari  tahun ke tahun hanya sedikit perubahan, bagian besar masih sama dengan tahun sebelumnya,maka tidak ada salahnya mempelajari soal tahun sebelumnya. Kadang-kadang soal yang muncul sama persis dengan soal yang pernah muncul sebelumnya termasuk pilihan jawabannya. Hal ini bisa terjadi karena penyusunan/perakitan soal UN dengan memanfaatkan bank soal yang sudah ada di data base. Saat latihan harus diukur kecepatan dalam menemukan jawaban. Pastikan waktu yang dibuthkan tidak melebihi durasi waktu yang tersedia. Sebagai contoh misalnya untuk UN Matematika terdiri atas 40 soal dengan total waktu 120 menit, artinya per soal rata-rata kamu punya waktu tiga menit. Saat latihan usahakan kamu bisa ketemu jawaban  tidak lebih dari 2 menit, 1 menit untuk membaca soal dan mengisi lembar jawaban (bagi yang tidak berbasis komputer). Yang sering terjadi adalah siswa merasa bisa mengerjakan semua soal tetapi waktunya tidak cukup. Hal ini terjadi karena  saat latihan tidak memperhitungkan waktu mengerjakan.
Tehnik cepat menjawab soal boleh saja dipelajari, yang penting hindari menghafal rumus praktis karena tidak semua soal yang muncul ada rumus praktisnya. Disamping itu resiko lupa hafalan rumus karena saking banyaknya juga harus dipertimbangkan. Pemahaman konsep dasar lebih  penting dari pada sekedar hafalan rumus.

Ikuti Tryout UN
            Biasanya menjelang Ujian Nasional ada banyak Uji Coba UN yang diselenggarakan baik dinas, sekolah ataupun lembaga bimbingan belajar. Sebaiknya ikuti dengan baik. Ingat, stress menjelang UN dirasakan oleh semua siswa termasuk siswa yang biasa ranking di kelasnya, stress menjelang ujian bukan karena tidak siap secara penguasaan materi ujian tetapi lebih karena kegagalan dalam mengantisipasi keadaan. Mengikuti tryoutadalah salah satu solusinya.

Oke, sekarang saatnya memulai persiapan UN dengan mempelajari kisi-kisinya, silahkan diunduh di sini aja.


Semoga bermanfaat.


Untuk yang butuh soal UN tahun sebelumnya ada di bagian lain dari blog ini.

2 comments: